ahlan wa sahlan

Hanya ungkapan rasa yang tak bisa disampaikan lewat suara..hanya kata dan bahasa

Senin, 08 April 2013

NGURUS

         Pagi-pagi udah ditelpon mama,nyuruh cepat dikirim berkas2 untuk ke KUA samarinda.Soalnya ortu ga domisili di samarinda lagi, jadi klo lagi di samarinda aja ada kesempatan buat ngurus2.Paling enggak 1 bulan sebelum hari H, sudah terdaftar di KUA Samarinda.
           Kata papa sih biar enak entar schedule penghulunya, klo udah tau jauh2 hari,lagian biar tau juga siapa penghulu,dimana penghulunya tinggal dll. Jadilah saya harus wara- wiri lagi.Kebetulan baru naik dinas malam, jadi waktu cukup panjang. Tempat tujuan pertama sih ke capil, di gedung GADIS( Gabungan Dinas)<baru ngeh juga setelah sekian lama di pulau pengasingan ini..hehe:h:>, ngambil E-KTP saya yang belum kelar, eh ternyata nyampe disana juga belum jadi. Yahhh langsung deh ke TKP--->KUA Tarakan Barat deket bandara. Mpe disana sih ga banyak prosedur, cuma nyerahin syarat2 yang udah saya urus di kelurahan n kecamatan sebelumnya.
      Just info buat yang mau ngurus juga..alur pertama sih kita kudu ke RT setempat, minta surat keterangan,kertasnya selembar doank,kosong lagi (maksudnya isi sendiri) yang disitu sudah ada tanda tangan n stempel RT nya, ga bawa persyaratan apa2 buat di tinggal di RT, ntar dari RT kita di arahin ke kelurahan n kecamatan. Nah yang perlu kita bawa ke kecamatan : Pengantar dari RTFC KTP, KK,Akte Lahir,Ijasah Terakhir semua masing2 1 lembar,Materai 6 ribu 2 lmbr,plus jangan lupa foto 3x4  sebanyak 2 lembar (pokoknya siapin aja berbagai ukuran pas photo n jumlahnya harus banyakkkkk). Udah di kecamatan serahin deh semuanya, ntar dibuatin surat dari N1-N6.
       Jangan lupa tuh surat di fotocopy buat arsip kita. Di situ ga ribet nunggu beberapa menit, udah di print...n yang jelas ngurusnya FREE....ga dimintain biaya Adm.Dari situ kita langsung ngurus ke KUA untuk ngebuat surat numpang nikah di samarinda entar.Tapi saya ngurusnya beda hari..soalnya pas kesana KUA nya tutup..(pdhal msh jam kerja lhoo) saya ke KUA yang lain masih buka.

         Oke balik lagi, akhirnya saya nyampe ke KUA Tarakan Barat..cuma ngomong doank mau buat surat numpang nikah, serahin syarat2nya.Trus ditanyain nama calon n kerjaannya..sayangnya ga dikasih pulpen ma kertas, jadi orangnya yang nulis langsung, saya cuman melafazkan doank (mank baca doa),Ditanya2in  juga ma kepala KUA situ.."kenapa ga nikah disini(tarakan) aja?? Ya saya jawab seperlunya."ortu disamarinda pak". Sekretaris udah kelar ketak ketik draftnya, saya di minta baca dulu..tapi ga terlalu fokus bacanya, kepala kantornya ngomong mulu..sambil baca sambil dengerin,ya kayaknya sih udah bener(nada ga yakin)trus diprint tuh surat beserta amplopnya. Ditanda tangani, terakhir biasa lah indonesia ada biaya administrasi(okelah dimaklumi),tapi yang bikin kaget nominalnya itu lumayan...ga salah apa, cuma minta surat rekomendasi numpang nikah, selembar doank mesti keluar  Rp. 100.000..kirain administrasi cuman puluhan ribu aje(untung bawa uang lebih), padahal di dua instansi sebelumnya administrasi FREE..(nada ga nyangka),Perasaan baru2 ini lo ga salah ada peraturan yang ngebebasin biaya nikah, tapi saya ga tau persis itu apa,atau cuma pencatatannya aja yang dibebasin,emank sih ada papan udah buram banget ditempel disitu ada tulisan UU nomor sekian sekian, biaya pencatatan 30 ribu rupiah...apa biaya pengurusan nikah berbanding lurus dengan harga kenaikan bawang ????(dubrakkkkk).Well ya udah deh, yang penting urusan saya kelar, tinggal minta surat rekomendasi dari atasan aja pikir saya..tapii ada yang tak terduga...huhuhu
   Saat tiba dirumah saya baca bener2 tuh surat..:g:Masya Allah..nama calon gue tebalik coy...huhuhuhu...huaaaa.:i:.gimana neh..mau balik lagi males..selain jauh, ntar dibilang ga teliti lagi(mank bener  sihT_T), trus ntar bayar lagi doonk...cuma bisa mikir mo scanner ne surat trus print warna sendiri aje..(otak cerdasnya kepake..pletak)
         Akhirnya saya ke warnet, minta tolong admin warnetnya ngeditkan, dikiittt aja hurufnya ditukar..dari Lufti jadi Lutfi( sekilas kayak sama kan???)...secara hasil scanner mank beda ma yang asli..tapi usaha dulu deh..Balik ke rumah, trus nelpon papa. Saya jelasin panjang kali lebar kali tinggi (lebayynya kumat). Tapi kata papa kirim aja yang asli, ntar di jelasin disana, yang penting data2 dari Calon yang bener entar.Beda ma calon, ngurus di daerahnya semua FREE...hemm tiap daerah ternyata beda2 aturan mainnya.Yah Alhamdulillah lo gitu..lumayan lega..moga dimudahkan segala urusan mpe hari H entar..aamiin Ya Robbal A'lamin.
             
.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

sippppp

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah
Barakallahu laka wa baraka 'alaika wa jama'a bainakuma fii khair